[HACKING] Basic Video Liputan 6 Lewat Feed RSS

| 0 Comments

Kenapa gue bikin artikel ini, jauh dari sebelum artikel ini gue udah bikin artikel tentang hacking video liputan 6 yang gak bisa di donlot secara klik kanan trus save !. ada seorang ibu tlp ke gue minta tolong diambil video nya. ngapaian ngambil video bu ?. ibu mesum yaa. haha.. ternyata si ibu masuk TV dan diliput di liputan6.com karena sukses menjual toko kupu2 bunga. (seinget gue jual kupu2 bunga) nah, si ibu minta tolong agar video liputan6 nya diambil dan bisa dibawa kemana2 (flashdisk, mmc dll) dan bisa dilihat secara offline tanpa harus membuka situs liputan6.com. nah, artikel ini gue rangkup semaksimal mungkin agar temen2 ngerti bahwa liputan6 ini bisa di download tanpa software dan di unduh oleh skill kita. gunain tutor ini buat kebaikan biarpun artikel ini simple. :)



kali ini gue mau sharing gimana cara nya download video liputan 6 secara paksa (secara gak bisa klik kanan trus save gitoo.). . . bujur guneng dipaksa donlot nya. hahha.. sebelum temen2 nyoba tutorial hacking ini disini gue bikin tutorial dengan browser google chrome jadi klo temen2 yang pake browser selain google chrome mending di close aja. klo mau dilanjutin sama aja ko. cuman beda step sama screenshot nya doang. ˆ⌣ˆ

untuk newbie bukan mastah !
Kenalin dulu RSS adalah sebuah file berformat XML untuk sindikasi yang telah digunakan (diantaranya dan sebuah kebanyakan) situs web berita dan weblog. Singkatan ini biasanya mengarah ke beberapa.
Rich Site Summary (RSS 0.91)
RDF Site Summary (RSS 0.9 and 1.0)
Really Simple Syndication (RSS 2.0)
Teknologi yang dibangun dengan RSS mengijinkan kita untuk berlangganan kepada situs web yang menyediakan umpan web (feed) RSS, biasanya situs web yang isinya selalu diganti secara reguler. Untuk memanfaatkan teknologi ini kita membutuhkan layanan pengumpul. Pengumpul bisa dibayangkan sebagai kotak surat pribadi. Kita kemudian dapat mendaftar ke situs yang ingin kita tahu perubahannya. Namun, berbeda dengan langganan koran atau majalah, untuk berlangganan RSS tidak diperlukan biaya, gratis. Tapi, kita biasanya hanya mendapatkan satu baris atau sebuah pengantar dari isi situs berikut alamat terkait untuk membaca isi lengkap artikelnya.


nah itu menurut wikipedia, nah ini menurut gue RSS itu adalah salah satu bentuk dari Web Syndication Web. apa tuh syndication? syndication adalah sedikit potongan kecil dari content/isi website kita yang kita share dengan website lain atau Search Engine. Fungsi dari Web Syndication adalah memberikan Feed/makanan kepada Search Engine dimana Feed tersebut berisi update terbaru dari content website kita. Format Web Syndication: RSS, ATOM, RDF. •ˆ⌣ˆ•


Langsung aja gue bikin tutorial nya. yang pertama buka browser google chrome. klo emang lagi buka google chrome bikin new windows biar lebih enak turorial nya. hahaa

cek google : artikel yang berhubungan dengan ini ngga ada.  :)

ok, pertama buka google : ketik google chrome rss viewer karena google chrome tidak default mendukung RSS kita harus mendownload extensi nya terlebih dahulu berbeda dengan browser mozzila firefox.


kedua buka situs http://liputan6.com atau langsung ke situs video nya http://tv.liputan6.com kali ini gue ngambil video liputan6.com gayus tambunan atau gnakan fasilitas search bila ingin mencari video yang diinginkan.


trus klik kanan pada mouse, klik view page source


akan terlihat source code2 dari tv.liputan6.com dengan title Gayus Dituntut Tiga Tahun Penjara ini sengaja gue crop gambar source code nya. untuk mudahin pencarian code copy title video yang mau di hack atau didonlot trus teken CTRL+F, dan ditambahin attribut <h1>title video</h1> contoh artikel ini adalaha
<h1>Gayus Dituntut Tiga Tahun Penjara</h1> dan akan didapat seperti screenshot seperti dibawah ini dan baca attibut dari code tersebut.
<script type="text/javascript">
var so = new SWFObject('http://tv.liputan6.com/assets/swf/player.swf','mpl','635','300','9');
so.addParam('allowfullscreen','true');
so.addParam('allowscriptaccess','always');
so.addParam('wmode','opaque');
so.addVariable('playlistfile','http://tv.liputan6.com/main/rss/2/1061583');
so.addVariable('autostart','true');
so.addVariable('repeat','list');
so.addVariable('backcolor','000000');
so.addVariable('frontcolor','888888');
so.addVariable('lightcolor','888888');
so.addVariable('screencolor','000000');
so.addVariable('skin','http://tv.liputan6.com/assets/mediaplayer-5.6/modieus/modieus.xml');
so.write('mediaspace');
</script>
variabel yang gue block ini adalah TARGET. gue jelasin sedikit fungsi dari variabel yang gue blok tersebut.
http://tv.liputan6.com/assets/swf/player.swf ini berfungsi memanggil player.swf. akan tetapi video tidak bisa diputar. semacam ada TV tapi ga ada antena. jadi kosong.
http://tv.liputan6.com/main/rss/2/1061583 ini adalah file dimana video itu disimpan dan ini menjadi TARGET kita ini dalam pembahasan tutorial ini. coba liat so.addVariable('playlistfile' ganjil bukan ? playlistfile . .
nah, setelah ngerti dengan fungsi code diatas. copy file target kita di address bar daalam tutorial ini target adalah http://tv.liputan6.com/main/rss/2/1061583


setelah rss ditemukan, klik feed.


feed akan mengeluarkan isi RSS tesebut. ini lah target kita.
tutorial ini berhasil mendapatkan isi dari RSS tersebut dan video pun dapat di unduh dan di save di komputer offline. http://static.liputan6.com/201108/110809dgayus.mp4


ok sekian dulu tutorial kali ini, semoga tutorial hacking basic video liputan 6 lewat feed RSS ini bermanfaat, segala bentuk penyalahgunaan dalam tutorial ini tanggung jawab pribadi masing2.

~~~ 

Leave a Reply