[TUGAS KULIAH] Usaha Perlindungan Hewan Langka

| 0 Comments



"LESTARIKAN BINATANG LANGKA"

Keberadaan hewan di indonesia semakin hari semakin berkurang, perilaku manusia yang menyebabkan langka nya spesies hewan ini adalah dampak buruk bagi kelestarian alam semesta. Dari situs kompas yang saya kutip pada tahun 2012. Indonesia Masih Lemah dalam Perlindungan Satwa Langka /24 Juli 2012 kartu kuning pun pernah disabet oleh bangsa kita sendiri akan kepunahan harimau dan gajah. Perdagangan, penjualan dan pemburuan hewan-hewan langka masih terus di lakukan oleh sekelompok oknum yang tidak bertanggung jawab. mereka hanya mementingkan diri sendiri, individu maupun kelompok mereka.

"Meski Indonesia tidak memiliki tingkat perdagangan gading gajah yang tinggi, namun Indonesia terlibat dalam 51 kasus perdagangan gading internasional dari tahun 1989 hingga 2009."


Indonesia yang dianugrahkan sebagai Pemburu Profesional Dunia. Beliau bernama Pak Rahmat Shah. Asli Sumatera Utara, Pak Rahmat telah berburu ke hampir seluruh belahan dunia. Dengan konsep “conservation by utilization”. Kalau diterjemahkan menjadi konservasi dengan pemanfaatan. boleh ga boleh ya tetep boleh :) Masih banyak spesies hewan langka yang di buru sana sini oleh sang pemburu. Usaha dari pemerintah dalam pelestarian hewan langka pun masih di lakukan. tapi kenapa hewan langka tetep di buru sana sini. oleh karena itu kita harus mendukung perlindungan hewan langka sebagai keseimbangan dalam kehidupan. 

Adapun menurut saya perlindungan hewan langka bisa di lakukan adalah sbb :
  1. Jangan berburu hewan langka dan menyimpan/memusnahkan nya untuk kependingan individu maupun sekelompok organisasi tertentu.
  2. Masyarakat mendukung program pemerintah dalam upaya pelestarian dan perlindungan satwa langka.
  3. Memberikan pengarahan kepada masyarakat akan penting nya habitat hewan dan menjadi tanggung jawab kita bersama.
  4. Tidak melakukan transaksi jual beli hewan bagi sekelompok organisasi/team.
  5. Kesadaran manusia sebagai kunci kelestarian alam semesta ini.
Dengan ada nya usaha dari diri kita, masyarakat dan pemerintah dalam upaya pelestarian hewan langka. mari kita dukung semua aktifitas pelestarian hewan langka terutama di indonesia agar spesies kepunahan satwa langka ini menjadi berkurang. 

Leave a Reply